Search Konten In This Blog

Artikel sabtu : Coklat Sehat atau Tidak?

Tentang Coklat

Coklat Hitam

pastinya kamu sering dengar tentang makanan yang satu ini, makanan yang berasal dari tanaman bernama Kakao. Nah, di sini gue akan jelaskan fakta-fakta tentang Coklat.

Apakah Coklat Baik untuk kesehatan atau sebaliknya?

kakao atau Coklat kaya akan senyawa Flavanoid atau Flavanols, layaknya jeruk, teh dan anggur. dan mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa ini dapat memberikan pengaruh positif pada tubuh, berikut manfaat dari Flavanols:


  • Aliran darah meningkat
dari hasil Penelitian ditemukan kalau tekanan darah sistolik (Pengukuran Awal pada Tekanan Darah) mengalami  penurunan menuju angka normal apabila dikonsumsi tiap hari, khususnya apabila mengkonsumsi pada Coklat hitam. hal ini membuktikan bahwa Flavanols juga berperan  sebagai antioksidan bagi tubuh.
  • Meningkatkan Produksi Insulin
Pada Penelitian di Italia yang dilakukan pada 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons Coklat hitam dan Coklat Putih secara bersamaan selama 15 hari memberikan hasil yang signifikan pada produksi insulin hati dan mengurangi resistensi insulin (Faktor resiko serangan diabetes) pada mereka yang mengkonsumsi Coklat Hitam.
  • Mengurangi  Resiko Serangan Jantung
Pada University School of Medicine seorang peneliti bersama John Hopkins melakukan penelitian terhadap Coklat Hitam, dan menemukan bahwa 50% resiko serangan jantung dapat dihindari dengan mengkonsumsi Coklat hitam secara teratur. hal ini dinyatakan oleh Diane Becket, MPH, ScD. hal ini berkaitan dengan Proses Pembekuan Trombosit dalam darah yang berlangsung lebih lambat pada orang yang memakan coklat daripada mereka yang tidak mengkonsumsi. hal ini sangat penting diperhatikan mengingat salah satu faktor terjadinya serangan jantung adalah karena pembekuan trombosit yang berlebihan dalam darah.
  • Baik untuk program Diet karena mengurangi berat badan
Coklat hitam dapat mengurangi berat badan karena kebanyakan orang saat mengkonsumsinya walau dalam jumlah yang sedikit akan merasa kenyang seperti saat kita mengkonsumsi pisang. oleh karena itu mengkonsumsi coklat juga dianjurkan untuk seseorang yang sedang dalam program diet. dikarenakan selain dapat mengurangi porsi makan, kandungan antioksidan dalam Coklat hitam berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh manusia.
  • Proteksi Sinar Matahari
Kandungan Phytochemical Flavanoid atau Flavanols dalam cokat dapat mengurangi bahkan menghindarkan pengkonsumsi terhadap efek luka bakar atau memerah pada kulit akibat panas sinar matahari. uji coba juga dilakukan untuk membuktikan hal ini di salah satu universitas di London.
  • Meningkatkan intelektualitas
Tekanan dalam pekerjaan, atau kurangnya waktu dapat menjadi penyebab menurunya tingkat intelektualitas seseorang, mengkonsumsi Coklat hitam dapat meningkatkan daya ingat dan intelejensi orang yang mengkonsumsinya. jadi bagi kamu yang merasa kesulitan dalam menangkap pelajaran, sangat dianjurkan mengkonsumsi Coklat hitam yang mengandung banyak Flavanol.
  • Mengobati Sindrom Kelelahan Kronis
Dalam Penelitian kecil di Inggris terhadap penderita Sindrom Kelelahan Kronis, mereka diberikan sekitar 1 1/2 Ons 85% Coklat hitam selama 8 minggu setiap hari berturut-turut dan pada hasil penelitian ditemukan bahwa seluruh penderita dalam uji coba merasa baikan dan tidak ditemukan peningkatan berat badan kelompok tersebut. Para peneliti menyimpulkan bahwa coklat dapat meningkatkan aksi Neurotransmitter, seperi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan tidur.
  • Baik Untuk Penderita Diare
  • menurunkan tekanan Darah
  • Mencegah Kolestrol
  • Mengurangi Resiko Kanker
  • Meningkatkan Kesehatan Mata
  • Anti Depresi
  • Menghaluskan Kulit

Nah, gimana? sekarang kamu tidak perlu lagi ragu dalam mengkonsumsi coklat, selain menjadi Cemilan yang Manis dan Lezat, Coklat sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. asalkan mengkonsumsi sesuai kebutuhan dan tidak secara berlebihan. karena sesuatu yang berlebihan walau baik   juga akan berpengaruh buruk terhadap tubuh. 

Salam 
Penulis


No comments:

Post a Comment

Back to top