Search Konten In This Blog

Artikel Pagi : Mengenal karakter orang dengan tatapan mata


Mau Mengenal Karakter teman atau orang lain di sekitar
Hanya dengan TATAPAN MATA?

Setiap manusia pasti memiliki Potensi yang berbeda-beda, nyaris sulit dijumpai yang serupa kecuali karena faktor internal seperti gen(keturunan) atau faktor external. Tetapi faktor-faktor tersebut tidak selamanya berpengaruh karena Potensi murni dalam diri mereka. Hal tersebut berperan besar dalam mengatur dan mengolah keahlian ketika beranjak dewasa. biasanya potensi berawal dari hobi

Lalu, bagaimana caranya memilah diantara seribu hobi untuk dijadikan pegangan dan potensi dalam meraih kesuksesan di masa yang akan datang?

Kenali sejak Dini.
Pernyataan yang sering dilontarkan dalam beberapa artikel mengenai potensi dan bakat alami. tapi bagaimana cara mengenali hal yang bahkan masih abu bagi kita pribadi. 

Pernahkah kita merasa menyukai satu hal. bahkan hingga memimpi-impikannya. ini bukan mengenai hubungan spesial antara manusia dengan manusia lain atau yang biasa disebut jatuh cinta. tetapi lebih kepada pengharapan atas suatu yang ingin diraih di dunia ini, seperti : mengobati seseorang, menciptakan rumus yang dapat menghitung segala hal di alam semesta, atau membuat satu perusahaan animasi dan perfilman. nah, pernahkan bermimpi seperti itu selama beberapa malam? Rasanya sepertimimpi itu terus terngiang setelah bangun dari tidur dan hasrat ingin bermimpi hal yang sama lagi di tidur-tidur berikutnya. 

Atau mungkin tanpa sadar ketika kamu melakukan suatu pekerjaan dan menghadapi suatu persoalan baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat, jalan pikiran dan metode penyelesaian yang kamu terapkan terhadap masalah-masalah tersebut sebenarnya mengarahkan kamu menuju kode dari gembok yang mengunci potensi dalam diri, “KARAKTER”. 

Ya, Karaktekter adalah KODE Penyelesaian atas Pertanyaan selama tahun-tahun kebelakang. "Sebenarnya Potensi saya apa?"

Mengenal Karakter.
Setelah kamu mengenali karakter kamu pribadi, maka akan mudah untuk melihat potensi dalam diri. Bahkan dalam mengenali karakter orang lain.
Ada yang bertanya seperti ini kepada saya:

X : Lalu bagaimanakah cara mengenali karakter pribadi dan orang-orang disekitar?

Pertanyaan Bagus, Ini Jawabannya ^.^

Banyak-banyaklah baca buku psikologis tentang bagaimana memahami karakter manusia, lalu coba untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. sehingga kita tidak menjadi orang yang minder dan takut untuk berhubungan dengan orang lain.

Apa Itu Karakter?

Ada 4 Karakter besar dalam kehidupan manusia. setiap individu setidaknya memiliki 2 dari 4 karakter besar ini, mereka adalah :

Melankolis Si Perfectionist

Si Sempurna, itulah sebutan bagi orang yang memiliki sifat ini. sangat sensitif terhadap berbagai hal di sekelilingnya, bahkan untuk satu garpu yang bergeser beberapa senti dari tempat asalnya dia akan cepat curiga. Lebay mungkin kedengarannya, tapi sifat ini mencerminkan orang yang memiliki ketelitian terhadap suatu hal sangat tinggi, ia meletakkan satu benda SELALU pada tempatnya. menginginkan hidup yang higenis dan terawat rapi. bahkan untuk lipatan baju setelah digosok selalu dengan lebar dan bentuk yang sama diletakkan di lemari yang sama dengan posisi yang selalu sama. Sangat Teratur.

Orang Melankolis juga memiliki sifat empati yang tinggi terhadap sesama, sehingga terkesan loyal dan tidak hitung-hitungan, dan rela berkorban. Sifat negatifnya adalah tertutup dalam segala hal. Tidak mudah untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. untuk menjadi pasangan hidup merupakan pilihan terbaik karena sifatnya yang romantis, hemat dan taat pada Tuhan. 

Kebanyakan dari seorang Melankolis menghabiskan waktunya untuk menulis dan membuat sajak, baik untuk menceritakan hidupnya maupun kisah cintanya. Amat berbakat menjadi seorang penulis, penyair, musisi, lawyer, penerjemah, dan seorang Pelukis.
Jika kamu memiliki sifat-sifat tersebut di atas, kemungkinan besar kamu seorang yang  berjiwa melankolis.

Selain itu Melankolis juga memiliki kelemahan sebagai berikut :

* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

Plegmatis “Si Pecinta Damai”.
Orang-orang dengan sifat ini memiliki kekhawatiran terhadap kerusuhan dan kemarahan. Sehingga memilih untuk menjauhkan masalah darinya, perdamaian is number 1.

Kalau Melankolis terkesan mandiri dan pemilih, kalau Plegmatis lebih banyak mendengarkan dan mengalah. Sehingga kebanyakan orang-orang dengan sifat ini dikatakan lemah dan tidak teguh pendirian. Alias banyak mendengar orang lain tapi tidak berani berpendapat.

Tapi berteman dengan sifat Plegmatis merupakan pilihan terbaik, karena mereka termasuk orang yang dapat menjaga rahasia dan pendengar yang baik, bahkan tidak jarang mereka memberikan solusi yang mengarah kepada hal yang positif.

Tapi karena sifatnya yang ingin segala sesuatu mudah, mereka terkesan pemalas dan penakut terhadap banyak hal.

Sanguin “Si Periang”
Sanguinis, orang dengan sifat ini bakalan jadi superstar (Artis, atau semacamnya). Walau terkesan Ceroboh dan berantakan, tidak peduli terhadap hal disekitarnya, meletakkan segala sesuatu berubah-ubah dan terkadang menjadi bingung dan pusing sendiri ketika mencari barang tersebut karena lupa.

Menjadi pasangan yang merepotkan bagi seorang Melankolis yang sempurna. Tapi walau begitu bisa menjadi penghibur yang baik bagi Melankolis yang pemurung dan Korelis yang Pemarah. Senang bernyanyi, bermain drama dan selalu ingin ikut dalam kegiatan yang memunculkan diri dan sangat senang diperhatikan banyak orang. cepat akrab kepada siapapun dan tidak pilih-pilih dalam pertemanan.

Biasanya Sanguinis senang berpetualang, terkesan pemberani. sangat kontras dengan Plegmatis yang penakut dan penurut, karena Sanguinis amat sangat keras kepala. Sangat suka berbicara, akan cepat bosan jika waktu dihabiskan dalam diam.

Kekurangan:
* Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras)
* Membesar-besarkan suatu hal / kejadian
* Susah untuk diam
* Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka nge-Gank)
* Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele
* Konsentrasi Lemah.
* Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias)
* Mudah berubah-ubah
* Susah datang tepat waktu jam kantor
* Prioritas kegiatan kacau
* Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas
* Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya
* Egoistis
* Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama
* Konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money”
* Terkesan Pelupa (sumber : ferizkurniawan.com)


Korelis “Si Pemarah”
Suka mengatur dan memerintah orang lain untuk melakukan apa yang ia inginkan, Tipe seorang pemimpin. Tegas berwibawa, Kuat tak heran jika kebanyakan orang dengan sifat ini mencapai kesuksesan mereka lebih cepat. tapi kelemahannya adalah terkesan sensitif dan cepat marah.

Sangat suka berpetualang, tidak sabaran dan ingin segala sesuatu cepat selesai. Susah untuk minta maaf, walaupun kesalahan ada pada mereka. Suka memanfaatkan orang lain dalam menggapai hal yang ingin sang korelis capai.

Optimistis dan Mudah bergaul seperti Sanguin, terbuka terhadap permasalahan orang lain dan kerabat dekatnya. Benar-benar tipe seorang Pemimpin.
Kelebihan Korelis :

* Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif
* Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan
* Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target
* Bebas dan mandiri
* Berani menghadapi tantangan dan masalah
* “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”.
* Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
* Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas
* Membuat dan menentukan tujuan
* Terdorong oleh tantangan dan tantangan
* Tidak begitu perlu teman
* Mau memimpin dan mengorganisasi
* Biasanya benar dan punya visi ke depan
* Unggul dalam keadaan darurat (Sumber : ferizkurniawan.com)

Kekurangan :
* Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
* Senang memerintah
* Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai
* Menyukai kontroversi dan pertengkaran
* Terlalu kaku dan kuat/ keras
* Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik
* Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci
* Sering membuat keputusan tergesa-gesa
* Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
* Workaholics (kerja adalah “tuhan”-nya)
* Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf
* Mungkin selalu benar tetapi tidak populer (Sumber : ferizkurniawan.com)

Nah, setelah kamu mengetahui Karakter dan sifat pribadi kamu maupun teman-teman disekitarmu, kamu dapat belajar bagaimana cara berhubungan baik dengan mereka terkait karakter yang mereka miliki.

Seperti yang saya sebutkan dalam artikel ini, CUKUP DENGAN TATAPAN MATA, kamu dapat mengetahui sifat orang lain hanya dalam 1x atau 2x pertemuan saja.

Kamu juga dapat meraih Potensi menurut karakter-karakter yang dimiliki. 

kurang menyukai karakter kamu? Mereka Dapat Diubah sekehendak hati sesuai yang kamu inginkan. Dengan TIGA kata kunci : Evaluasi, Kebiasaan, Yakin.

Setiap manusia setidaknya memiliki 2 karakter, kecuali ia seorang divergent (Berbeda). Memiliki kemampuan khusus untuk mengemban keempat karakter sekaligus.



No comments:

Post a Comment

Back to top